5 Hal Penting Yang Wajib Kamu Ketahui Saat Mendapatkan Terapi Obat di Fasilitas Kesehatan


Ketika kamu datang ke sebuah fasilitas kesehatan dan mendapatkan terapi obat, ada beberapa hal yang kamu wajib ketahui dan ingat sebelum kamu beranjak pulang ke rumah. Apa saja itu? Berikut penjelasannya;

1. Indikasi Obat
Hal pertama yang wajib kamu ketahui dan ingat ketika kamu menerima terapi obat adalah Indikasi Obat (Indikasi dapat di artikan sebagai fungsi obat tersebut). Biasanya Indikasi akan langsung di jelaskan oleh Apoteker/ Tenaga Teknis Kefarmasian secara lisan atau bisa juga di tulis dalam etiket obat.

NB : Etiket merupakan lembaran kertas kecil yang ditempel langsung di obat, etiket berwarna putih untuk obat yang masuk ke dalam sistem pencernaan dan etiket berwarna biru untuk obat dengan penggunaan selain masuk ke dalam sistem pencernaan.

2. Petunjuk Penggunaan dan Penyimpanan Obat
Hal kedua yang wajib kamu ketahui dan ingat adalah petunjuk penggunaan dan penyimpanan obat, biasanya Apoteker/ Tenaga Teknis Kefarmasian menuliskan petunjuk penggunaan obat di etiket obat. Selain di tuliskan di dalam etiket obat kamu juga bisa meminta penjelasan kepada Apoteker/ Tenaga Teknis Kefarmasian.
Petunjuk penggunaan obat penting kamu ketahui untuk memimalisis kesalahan penggunaan obat

Contoh : Antiobiotik sirup kering harus di cairkan terlebih dahulu menggunakan air sebelum digunakan dan tidak boleh di simpan di dalam kulkas.

3. Cara Penggunaan Obat
Hal ketiga yang wajib kamu ketahui dan ingat adalah Cara Penggunaan Obat, biasanya cara penggunaan obat langsung di jelaskan oleh Apoteker/ Tenaga Teknis Kefarmasian. Selain itu kamu bisa mengidentifikasi cara penggunaan obat dengan cara melihat warna etiket obat yang menempel di obat.
Cara penggunaan obat penting kamu ketahui agar kamu tidak salah ketika menggunakan obat.

Contoh : Salep mata digunakan dengan cara memasukkan obat kedalam kelopak mata bawah, Suppositoria di masukkan ke dalam dubur / anus bukan untuk di minum langsung.

4. Dosis Obat
Hal ke empat yang wajib kamu ketahui dan ingat adalah Dosis Obat, biasanya dosis obat langsung dijelaskan dan dituliskan langsung di etiket obat oleh Apoteker/Tenaga Teknis Kefarmasian.
Dosis sangat obat penting diketahui agar kamu tidak overdosis ketika mengonsumsi obat yang kamu terima.

Contoh : Antibiotika harus kamu konsumsi sampai habis. Hal ini berguna untuk menghindari resistensi obat antibiotik.

5. Efek Samping Obat
Hal kelima atau terakhir yang wajib kamu ketahui dan ingat adalah efek samping obat, biasanya efek samping obat langsung dijelaskan oleh Apoteker/Tenaga Teknis Kefarmasian. Efek samping obat sangat penting kamu ketahui agar nantinya kamu tidak panik ketika nantinya kamu merasakan efek samping obat tersebut

Contoh CTM memiliki efek samping mengantuk, dan biasanya jika kamu mendapatkan obat ini, kamu di himbau untuk tidak bepergian jauh.

Nah itu dia tadi penjelasan tentang 5 Hal Penting yang Wajib Kamu Ketahui Ketika Mendapatkan Terapi Obat di Fasilitas Kesehatan. Sebelum mengakhiri pembahasan kali ini, saya akan sedikit berbagi sebuah contoh catatan mandiri penggunaan obat yang bisa kamu aplikasikan dirumah yang tentunya memudahkan kamu mengidentifikasi obat berdasarkan kegunaan, dosis, dan cara penggunaanya. 

Sekian,

0 Comments