Apakah Obat yang Tanggal Kadaluarsanya Bulan November Masih Boleh digunakan Bulan November?



H H*****
Pak saya dapat obat dari Puskesmas, tapi kadaluarsa obatnya tertulis cuma bulan dan tahun (November 2020) apa masih boleh digunakan dan aman untuk saya konsumsi di bulan ini (November)?


Hello Healthies!
Perkenalkan saya Apoteker Firman,
Terima Kasih sudah mengirim pertanyaan, akan saya jawab sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang Apoteker.

Seperti yang kita ketahui, setiap obat yang beredar pasti memiliki tanggal kadaluarsa, hal ini penting untuk memastikan obat tersebut tetap bermutu dan tetap berkhasiat ketika dikonsumsi oleh pasien. 

dalam penandaan tanggal kadaluarsa, kebanyakan Industri Farmasi hanya menuliskan bulan dan tahun kadaluarsanya saja, akan tetapi tidak menutup kemungkinan ditulis lengkap dengan tanggalnya (example : tanggal-bulan-tahun). 

Terkait boleh tidaknya obat dikonsumsi ketika obat tersebut sudah memasuki bulan kadaluarsanya, jawabannya adalah masih boleh di gunakan, dengan catatan sebagai berikut :
  1. Tanggal kadaluarsa yang tertulis di kemasan hanya bulan dan tahun saja, misalkan tanggal kadaluarsa yang tertulis adalah NOV-2020, ini artinya obat tersebut tidak boleh di gunakan atau di konsumsi di akhir bulan November 2020.
  2. Bentuk Kemasan dan Obat tidak mengalami perubahan bentuk, warna dan rasa. hal ini penting kita cermati karena kadaluarsa obat tidak hanya tentang tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan obat, tapi juga bentuk fisik yang dapat kita amati langsung.
Apabila ragu dan menemukan obat yang sudah dalam kondisi rusak silahkan mengkonfirmasi petugas obat di puskesmas dan meminta obat yang baru dengan tanggal kadaluarsa yang lebih panjang.

Sekian
Salam Sehat
Apoteker Firman


Bagi Anda yang ingin bertanya terkait masalah obat, silahkan bisa mengklik menu "Tanya Apoteker" , silahkan mengisi data nama, email dan pertanyaan yang ingin anda ajukan pada form yang tersedia.