Farmasi Puskesmas "Sebuah Pendahuluan"

 


Tulisan ini saya persembahkan untuk

Farmasis Puskesmas

baik Apoteker maupun Tenaga Teknis Kefarmasian

Semoga bermanfaat.

 

###

Salah satu tantangan terbesar menjadi seorang Tenaga Kefarmasian di Puskesmas adalah kurangnya bacaan yang membahas secara khusus pelayanan kefarmasian di puskesmas, kurang adanya sharing ilmu dan pengalaman antar Tenaga Kefarmasian di puskesmas, sehingga membuat sebagian dari Tenaga Kefarmasian kebingungan menemukan ide inovasi guna mengembangkan Juknis Pelayanan Kefarmasian yang di keluarkan oleh Kementerian Kesehatan. Hal inilah yang saya rasakan, sampai akhirnya saya memutuskan untuk mengembangkan inovasi-inovasi yang kemudian unit pelayanan obat di puskesmas tempat saya berpraktek mendapatkan apresiasi dan pujian dari banyak pihak saat akreditasi tahun 2019 silam.

Dari sedikit pengalaman tersebutlah, saya akhirnya nekat dan memiliki inisiatif serta ide untuk menulis sebuah blog series yang saya beri judul "Farmasi Puskesmas" pada laman blog saya.

Pada blog series ini saya akan berbagi pengalaman, ide serta inovasi yang sudah saya lakukan selama berpraktek di puskesmas yang mungkin bisa menjadi referensi atau bahkan menjadi pengembangan ide bagi pelayanan kefarmasian di temapat teman-teman berpraktek.

Tugas kita bukanlah untuk berhasil, tugas kita adalah untuk mencoba karena di dalam mencoba, itulah kita menemukan kesempatan untuk berhasil

Buya Hamka

Saya masih teringat ucapan dari seorang yang saya kagumi (Buya Hamka) ini, karena itulah tulisan ini hadir di laman blog saya, saya menulis blog series ini tidak ada niat menggurui teman-teman semua yang pasti banyak yang lebih berpengalaman dari saya, saya juga bukanlah seorang yang paling ahli dalam bidang pelayanan kefarmasian karena saya masih harus banyak belajar banyak hal, akan tetapi setidaknya saya berusaha untuk berbagai pengalaman, ide maupun inovasi yang sudah pernah saya laksanakan maupun impikan selama menjadi seorang Apoteker Praktisi di Puskesmas.

Akhir kata,
Saya ucapkan selamat datang dan selamat membaca blog series Farmasi Puskesmas dari saya (Apoteker Firman). Perlahan tapi pasti tulisan ini akan mencapai tulisan akhir, Semoga memberi bayak manfaat.

Apabila teman-teman ada masukan ide/saran pembahasan yang harus saya bahas di blog series ini, atau teman-teman ingin sharing pengalaman melalui tulisan yang ingin ditampilakan di blog ini, teman-teman bisa mengirimkan email ke haloapotekerfirman@gmail.com

Hormat saya,
Apoteker Firman.