Parasetamol mengandung virus berbahaya?


A Ak***
Saya mendapatkan info dari WA kalau ada Parasetamol yang mengandung virus berbahaya, apa itu benar?


Bagi Anda yang ingin bertanya terkait masalah obat, silahkan bisa mengklik menu "Tanya Apoteker" , silahkan mengisi data nama, email dan pertanyaan yang ingin anda ajukan pada form yang tersedia. 

Hello Healthies!
Terima Kasih sudah mengirimkan pertanyaan, akan saya jawab sesuai dengan pengetahuan saya sebagai seorang Apoteker. 

Sebenarnya broadcast berisikan tentang informasi Parasetamol yang mengandung virus berbahaya ini sudah lama beredar di media sosial termasuk WhatsApp, entah kenapa broadcast ini kembali mucul dan sangat meresahkan masyarakat.

berikut isi broadcast nya :
"PERINGATAN: Hati-hati untuk tidak mengambil Paracetamol yang datang ditulis P/500. Ini adalah Prasetamol baru, sangat putih dan mengkilap. menurut dokter terbukti mengandung "Machupo" virus, dianggap salah satu virus yang paling berbahaya di dunia dan dengan tingkat kematian yang tinggi. Silahkan berbagi pesan ini, untuk semua orang dan keluarga..."

Saya pastikan isu tentang Parasetamol yang mengandung virus "Machupo" ini adalah HOAX

Virus Machupo sendiri merupakan jenis virus yang penyebarannya dapat terjadi melalui udara, makanan, atau kontak langsung dengan pembawanya. Virus Machupo dapat bersumber dari air liur, urin, atau feses hewan pengerat yang terinfeksi dan menjadi pembawa virus tersebut.

BPOM juga sudah lama mengeluarkan klarifikasi terkait isu produk parasetamol yang mengandung virus berbahaya ini, untuk melihat klarifikasi BPOM dapat diakses disini

Sekian
Salam Sehat
Apoteker Firman