Beberapa hal yang wajib kamu pahami sebelum menggunakan serum wajah

 

Siapa sih yang tak mengenal produk kosmetik yang satu ini, yaps! serum wajah, dari kaula muda sampai yang ber-usia seakan sudah familiar dengan produk kosmetik ini dan merupakan barang wajib yang harus dimiliki. 

Serum wajah merupakan salah satu bentuk kosmetik (Skincare) yang memiliki tekstur ringan dan umunya tidak mengandung minyak, yang mudah diserap oleh kulit. Sebagaimana fungsinya serum wajah dapat membantu memperbaiki masalah pada kulit wajah penggunanya (Kerutan, bintik dan noda hitam di wajah, kulit kering serta jerawat).

Sebuah Fakta menarik yang harus kita ketahui, saat ini di pasaran ada  puluhan atau bahkan ratusan serum dengan merek yang beragam beredar dan diperjual belikan, ada yang berasal dari dalam negeri (Produk Lokal), bahkan sampai dari luar negeri (impor).

Tapi sebelum tergiur dan memutuskan untuk menggunakan serum wajah, ada beberapa hal yang wajib kamu pahami, mari kita bahas

Pertama: Kamu harus paham jenis-jenis serum Wajah

Ada beberapa jenis serum wajah yang beredar saat ini, jenis serum ini dibedakan berdasarkan komposisi kandungan zat aktif yang terkandung dan kegunaannya.

1. Serum untuk kulit kering

Serum wajah ini biasanya mengandung zat aktif berupa vitamin E, Asam glikoat, ceramide, dan nicinamide. Sebagaimana fungsinya diperuntukkan untuk mengatasi kulit kering dan kendur dan juga bermanfaat menjaga kelembapan kulit wajah.

2. Serum untuk bintik atau noda pada kulit

Serum wajah ini biasanya mengandung zat aktif berupa asam ferulat, Kojic Acid, Asam Azaleat, dan vitamin C, Sebagaimana fungsinya diperuntukkan untuk memudarkan bintik hitam dan noda gelap pada kulit.

3. Serum untuk kulit berjerawat

Serum wajah ini biasanya mengandung zat aktif berupa retinol (tretinoin), Sebagaimana fungsinya diperuntukkan untuk menangani kulit jerawat, mencegah penyumbatan pada pori-pori kulit, membantu proses pengelupasan kulit dan pengangkatan sel kulit mati.

4. Serum untuk memperlambat penuaan

Serum wajah ini biasanya mengandung zat aktif berupa asam ferulat, vitamin C. Sebagaimana fungsinya di peruntukkan untuk mengurangi kerutan pada wajah dan tanda-tanda penuaan, serta meningkatkan pertumbuhan kolagen baru pada kulit wajah

Kedua: Tidak semua serum aman digunakan

Hal ini penting untuk kita pahami karena tidak semua serum wajah aman untuk digunakan terutama untuk kamu yang memiliki kulit yang sensitif. Untuk itu kamu diwajibkan untuk berhati-hati dan teliti dalam memilih serum wajah.

Untuk kamu yang memiliki kulit yang sensitif, berikut cara sederhana untuk melihat apakah serum wajah tersebut aman kamu gunakan. Lakukan tes dengan mengoleskan sedikit serum ke kulit tangan dan tunggu selama 48 jam, jika setelah 48 jam kamu mengalami ruam atau gatal-gatal, jangan gunakan serum tersebut.

Ketiga: usahakan memilih serum wajah dengan botol yang gelap

Tentu ini bukan tanpa alasan, serum wajah dengan botol gelap bermanfaat mencegah rusaknya zat aktif yang terkandung didalamnya, paparan sinar matahari dapat merusak kandungan zat aktif dalam serum wajah.  

Keempat: Pahami cara penggunaan serum wajah

Serum wajah dapat digunakan pada saat pagi maupun malam hari sebelum tidur, jika kamu adalah orang yang hemat, serum wajah bisa kamu gunakan hanya satu kali sehari saja. Pastikan sebelum menggunakan serum, wajahmu sudah bersih dari kotoran yang menempel, hindari penggunaan serum saat kulit wajah sedang basah, hal ini untuk mencegah iritasi kulit wajah yang mungkin saja terjadi.

  • Pastikan kulit wajah yang akan diaplikasikan serum sudah dalam keadaan bersih dan kering, setelah itu serum dapat dituangkan ke ujung jari (pastikan jari dalam keadaan besih) atau langsung dituangkan ke kulit wajah dengan takaran yang disarankan didalam kemasan serum wajah, setelah itu lakukan pengusapan menggunakan jari sehingga serum dapat merata dikulit wajah, Terakhir tepuk perlahan area yang sudah terkena serum agar kulit wajah lebih maksimal menyerap serum, .

Nah itu dia beberapa hal yang wajib kamu pahami sebelum menggunakan serum wajah. Semoga bermanfaatšŸ˜‰. Jangan lupa share informasi ini ke teman-temanmu ya❤.

Salam Sehat,
Apoteker Firman - Pharmacist