Kenalan Yuk dengan ETIKET OBAT

 Pasti sudah tidak asing lagi melihat selembar kertas kecil yang berisi aturan pakai obat yang dimasukkan bersamaan dengan Obat didalam plastik klip ketika mengambil obat di Fasilitas Kesehatan (Rumah Sakit, Klinik, maupun Puskesmas) ataupun di Apotek.

Saat memberikan informasi obat Apoteker atau Petugas Farmasi akan terbantukan oleh adanya tulisan pada etiket, mereka akan menjelaskan sambil sesekali menunjuk kertas kecil yang telah mereka tulis sebelumnya, bagi pasien kertas ini sangat berguna apabila sewaktu-waktu lupa aturan penggunaan obat yang telah diterima.

Sebenarnya apa sih itu?
Kertas kecil itu disebut dengan ETIKET OBAT

Informasi Penting :
di jaman saat ini, etiket mengalami banyak modifikasi diantaranya etiket bisa berupa klip obat langsung, atau bisa berupa stiker yang langsung ditempelkan pada kemasan primer obat.

ETIKET OBAT berdasarkan Jenisnya dibagi menjadi dua, yakni ETIKET PUTIH dan ETIKET BIRU.

Lalu muncul pertanyaan : “kok ada dua jenis? Boleh ndak pakai warna PINK atau warna lain, karena ngga suka warna BIRU?”

Jawabannya adalah TIDAK BOLEH menggunakan warna lain, hanya ada dua jenis ETIKET OBAT, kenapa? Karena masing-masing warna punya makna sendiri. Mari kita bahas!

ETIKET WARNA PUTIH
Etiket warna putih adalah penanda untuk obat-obat yang dikonsumsi melalui saluran pencernaan.
Contohnya : Obat-obat sediaan Tablet, Kapsul, maupun Sirup
Pada etiket putih terdapat beberapa tambahan tulisan yang akan didiberikan oleh Apoteker maupun Petugas Farmasi diantaranya :

  • Untuk Antibiotik akan ada tulisan “Dihabiskan”
  • Untuk Anti Nyeri akan ada tulisan “Diminum Bila Sakit”
  • Untuk Sirup akan ada tulisan “Dikocok Dahulu”

ETIKET WARNA BIRU
Etiket warna biru adalah penanda untuk obat-obat yang tidak melalui saluran pencernaan atau bisa dibilang penanda untuk obat luar
Contohnya : Obat-obat sediaan Tetes Mata, Telinga, Suppositoria dsb.

Nah itu dia perkenalan singkat kita dengan ETIKET OBAT, jika dirasa konten ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman, atau kerabat dekat kalian.

See u on the next post

Salam Sehat
Apoteker Firman