Cara Minum Obat Diabetes Golongan Sulfonilurea Saat Menjalani Ibadah Puasa

Penyakit Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang pengobatannya bisa dikatakan seumur hidup. Sudah barang tentu, ketika penderita diabetes hendak melaksanakan ibadah puasa, harus benar-benar terkontrol kondisinya, karena pada dasarnya penderita diabetes melitus tidak disarankan menjalani ibadah puasa karena dapat menyebabkan kadar gula didalam darah menurun (Hipoglikemia) atau sebaliknya meningkat (Hiperglikemia)

Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang Bagaimana cara minum obat diabetes golongan sulfonilurea saat menjalani puasa, Yuk kita bahas!

Menjalani ibadah puasa, bagi sebagian besar dari kita mungkin sesuatu hal yang biasa dan aman-aman saja, tapi tidak untuk penderita diabetes melitus (kecing manis). bagi penderita diabetes, menjalani ibadah puasa berarti harus berani menanggung resiko yang cukup berbahaya

Salah satu golongan obat yang sering digunakan penderita diabetes dalam pengontrolan kadar gula darah adalah golongan obat Sulfonilurea, Golongan obat ini berperan penting dalam pengendalian kadar gula darah yang tinggi dengan cara mendorong pankreas untuk memproduksi insulin, sehingga kadar gula dalam darah dapat terkontrol.

Contoh dari golongan obat sulfoniruea yang sering digunakan adalah glibenklamid, glikazid, maupun glimepirid. dalam kondisi hendak menjalani ibadah puasa, golongan obat sulfonilurea sebenarnya kurang direkomendasikan untuk digunakan karena efek samping berupa Hipoglikemia (penurunan kadar gula darah) yang ditimbulkan cukup tinggi, terutama untuk pasien lanjut usia. maka ketika hendak menjalani ibadah puasa, penderita diabetes yang sudah terbiasa menggunakan obat golongan sulfonilurea disarankan untuk meminta penggantian obat ke golongan lain seperti biguanid (contoh metformin) atau acarbose, dimana kedua obat ini memiliki efek hipoglikemia yang lebih rendah dibandingkan golongan sulfoniruea.

Namun apabila tidak bisa diganti dengan golongan obat lain, atau dengan alasan lebih nyaman menggunakan sulfonilurea dan ingin tetap menggunakannya maka dapat menerapkan cara penggunaan obat golongan sulfonilurea sebagai berikut :
dari gambar diatas dapat dilihat, ketika penderita diabtes diresepkan 1 kali sehari maka dosis 1 kali sehari diminum pada saat berbuka puasa, sedangkan untuk yang diresepkan 2 kali sehari maka dapat mengkonsumsi obat golongan sulfonilurea dengan dosis pertama diminum saat berbuka puasa dan dosis kedua diminum saat sahur dengan pengurangan 1/2 dosis.

Nah itu dia penjelasan tentang penggunaan obat diabetes golongan sulfonilurea pada saat menjalani ibadah puasa, jangan lupa konsultasi pengobatan anda ke Dokter maupun Apoteker untuk mendapatkan penjelasan tentang obat yang anda konsumsi. Stay Healthy...

Penggunaan Obat Diabetes Lebih disarankan penggunaannya saat jam berbuka puasa karena pada saat jam tersebut kadar gula darah mengalami peningkatan drastis

Referensi
Aadill N, Houtie I, 2004, Clinical Review: Drug Intake During Ramadhan, BMJ

Hassanein, M,2017,Diabetes and Ramadhan Practical Guideline, Elsevier
JPG Cara Minum Obat Diabetes Gol. Sulfonilurea saat menjalani ibadah puasa Download